Recent Posts

Selasa, 05 April 2011

sikap optimis bikin tubuh kebal

 
 Berpikiran optimis tidak hanya baik untuk emosi Anda tetapi juga meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari dari University of Kentucky, Amerika Serikat.
Penelitian ini, melacak optimisme dan perubahan respon imun pada 124 responden berstatus mahasiswa jurusan Hukum. Para peneliti menemukan, responden
yang lebih optimis, menunjukkan tingkat imunitas tinggi yang diperantarai sel. Respon sel tersebut saat terkena invasi virus atau bakteri asing cukup tinggi. Tetapi, ketika sikap optimis berkurang, aktivitas sel tersebut juga menurun.
Dalam penelitian sebelumnya telah diketahui, adanya hubungan antara kondisi psikologis dan fisik. Sikap optimis ini bisa mengatasi stres dan menangkal penyakit. Selain sikap optimis, faktor genetik dan kepribadian juga bisa mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh.
“Untuk menunjukkan bahwa seseorang, dengan kepribadian dan gen yang sama, memiliki fungsi kekebalan tubuh yang berbeda, ketika ia merasa lebih atau kurang optimis dalam memberikan hubungan yang kuat antara keduanya,” kata salah satu peneliti, Suzanne Segerstrom .
Dalam penelitian ini, para responden diberikan lima pertanyaan kuesioner. Mereka juga menjalani pemeriksaan imunitas selama satu tahun. Dari kuesioner diketahui kadar optimisme dari para mahasiswa.
“Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa optimisme mempengaruhi kekebalan tubuh dan meningkatkan emosi positif. Langkah berikutnya, adalah menemukan efek yang sama pada orang tua, yang sistem kekebalan tubuh paling rentan terhadap infeksi,” kata Segerstrom.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More